“Gangnam style” dari penyanyi rap PSY adalah klip musik Korea yang untuk pertama
kali pernah ditayangkan hampir 100 juta kali di Youtube. Rekor ini merupakan
hal yang pertama kali bagi musik pop Korea. Sejak dirilis pada 15 Juli 2012
lagu tersebut meraih sukses secara global. Psy meraih peringkat 2 dalam
tangga lagu American Billboard dan peringkat 1 di tangga musik Cina. Kesuksesan
ini mendorong Universal Republic Records untuk mengontrak Psy untuk merilis
albumnya di Amerika. Kesuksesan serupa tidak hanya berhenti di situ, akan
tetapi nampaknya akan diikuti oleh banyak lagu-lagu Korea yang lain. Musik pop
Korea telah ada selama beberapa tahun. Tidak hanya di Korea Selatan atau Asia,
akan tetapi juga di Amerika Latin, Afrika, Timur Tengah, Amerika, dan Eropa.
Menyaksikan keberhasilan
peredaran musik pop Korea secara internasional, kita mengamati apa yang dikenal
sebagai “Gelombang Korea” (Korean Wave atau istilah setempat adalah “hallyu”).
Keberhasilan ini tidak hanya musik, akan tetapi juga film dan drama televisi.
Khususnya di Asia, permintaan akan produk kebudayaan Korea nampaknya akan
menjadi saingan bagi produk serupa dari Jepang dan Barat. Pada awalnya,
produksi Jepang dan Barat mendominasi bagi tayangan musik, film, dan televisi
di Asia sampai munculnya Korean Wave tersebut. keberhasilan Psy menunjukkan
bahwa Korean Wave masih terus menerus memperluas eksistensinya dan memperoleh
pengakuan secara global.
Bagaimanakah sebenarnya
pertumbuhan industri hiburan di Korea Selatan hingga dapat berpengaruh secara
global sebagai salah satu bentuk kebudayaan populer?
Pertama-tama hal itu dapat
dilacak dari kebijakan kebudayaan pemerintah Korea pada tahun 1980-an. Era ini
ditandai dengan pembangunan ekonomi masif dan sistem politik otoritarian. Korea
mengalami kemajuan ekonomi dan masyarakatnya menjadi makmur. Rata-rata
pendapatan perseorangan mula-mula US$ 54 (1968), lalu menjadi US$ 390 (1979).
Setelah itu meningkat menjadi US$ 1.770 (1984) dan US$ 1.320 (1988). Pendapatan
ini memungkinkan setiap penduduk Korea untuk membelanjakan uangnya dalam
memanfaatkan waktu luang.
Pada saat yang sama muncul banyak
huru hara politik. Presiden Park terbunuh (1979) setelah memerintah selama 18
tahun (1961-1979). Rakyat Korea berharap akan muncul pemerintahan demokratis
melalui pemilu yang mengubah wajah Korea. Tetapi kemudian terjadi kudeta
militer (1980) dan membentuk rezim otoriter baru (1981). Petinggi militer, Chun
Doo Hwan menjadi Presiden sekalipun Chun tahu betapa banyak pihak yang
menentang pemerintahannya. Pemerintah segera menyadari perlu menjauhkan
masyarakat dari aktivitas politik dan pilihan kebijakan itu adalah industri
hiburan. Kebijakan yang dilancarkan dijuluki sebagai kebijakan 3S oleh media
setempat. Yang dimaksud dengan 3S adalah singkatan dari Sport, Sex, dan
Secreen. Untuk olahraga pemerintah mengkampanyekan “Kesejahteraan Negara
Melalui Olahraga.” Pemerintah mempromosikan baseball menjadi
olahraga nasional (1981). Liga Baseball Profesional kemudian dibentuk
(1982). Asosiasi olahraga ini dikritik untuk menjauhkan orang dari aktivitas
politik. Namun asosiasi ini meraih keuntungan besar.
Untuk film (screen) dan seks
pemerintah menggunakan cara yang lain. Pemerintah mengendalikan jaringan
televisi (1980). Hanya ada 2 stasiun televisi yang diizinkan .
Pemerintahan Chun melakukan sensor ketat untuk mencegah siaran yang mengandung
aspek politik. Dalam hal ini, muatan penyiaran politik dikontrol ketat, tetapi
publikasi yang mengarah seks diizinkan. Banyak film yang diproduksi yang
mengumbar aurat perempuan. Bahkan di tahun 1988 banyak film porno yang memasuki
Korea, karena Presiden saat itu, Roh Taw Woo, menerapkan kebijakan luar negeri
yang lebih terbuka (1987). Sejak 1987 Korea mengalami demokratisasi dan
Roh adalah Presiden yang pertama kali terpilih melalui pemilu. Roh
mengkampanyekan Korea yang terbuka bagi pasar asing. Ini merupakan masa di mana
impor barang meningkat tajam.
2 stasiun televisi yang mendapat izin dari pemerintah korsel |
Sistem otoritarian pada tahun
1980-an tadi juga berpengaruh terhadap industri film. Pemerintah memastikan
bahwa film yang diproduksi tidak mengandung muatan politik, sehingga setiap
naskah film harus diperiksa terlebih dahulu. Namun kebijakan ini dihapus
(1988). Pekerja film memperoleh kebebasan lebih banyak dan muncul film-film
yang mendeskripsikan perubahan sosial dan politik di masa itu. Pada 1987 pasar
film diliberalisasi. Kuota impor film dihapus. Kebijakan yang terbuka
mempengaruhi negosiasi dengan Amerika. Pemerintah ditekan oleh Amerika untuk
membuka pintu bagi masuknya film Hollywood. Pada tahun 1987, produksi domestik
menghasilkan 89 judul dan impor film mencapai 84. Produk film domestik dan
impor film berubah dalam waktu selanjutnya yaitu 87 dan 175 (1988), 110 dan 264
(1989), dan 111 dan 276 (1990). Untuk tahun 2005-2010, komposisi tetap
didominasi film impor, yaitu 87 dan 253 (2005), 110 dan 289 (2006), 124 dan 404
(2007), 113 dan 350 (2008), 138 dan 311 (2009), dan 152 dan 381 (2010).
Hingga tahun 1987, distribusi
film asing hanya dilakukan oleh perusahaan lokal. Kemudian pemerintah
mengizinkan distribusi film Hollywood. Untuk itu, perusahaan distributor film
Hollywood mendirikan cabangnya di Korea. Sejak tahun 1988, impor film naik dua
kali lipat. Pada tahun 1985 hampir 74,8% film diproduksi di Korea. Jumlah ini
merosot terus hingga angka 13,4% (1997). Sesudah 1991 makin sedikit film
domestik yang dibuat. Hal ini berhubungan dengan pemanfaatan subsidi pemerintah
yang kemudian difokuskan untuk menghasilkan film-film yang lebih bermutu.
Sesudah 1998 jumlah produksi film lokal bertambah sedikit demi sedikit. Pada
2010, jumlah judul yang ada mencapi 152. Pada 10 tahun sebelumnya hanya 59
judul. Jumlah impor film tetap saja tidak pernah berkurang. Pada 2010 impor
film mencapai 381 judul. Seperti data di atas, maka semakin banyak film impor
yang membanjiri pasar Korea. Akibatnya, 10 perusahaan distributor film lokal
bangkrut (1994).
Sekalipun lebih besar
dibandingkan produksi film domestik, akan tetapi jumlah film asing sebenarnya
mengalami jumlah penonton. Hal ini merupakan salah satu penanda setelah
munculnya video dan televisi kabel yang memutar film asing. Pada tahun 2000,
pasar film domestik menguasai 35,1% pasar Korea. Artinya sebanyak 64,5%
merupakan film asing. Akan tetapi pada 2003, penetrasi film domestik ke pasar
Korea meningkat menjadi 46,5%, yang bertahan hingga 2006. Posisi seimbang
dicapai pada 2007. Sesudah itu animo terhadap film domestik berkurang. Tahun
2008, film asing menjadi populer, akan tetapi kemudian mengalami penurunan
sejak saat itu. Pada 2011, 53,6% film yang ada diproduksi di dalam negeri. Film
asing menguasai 46,4% pasar film.
Drama televisi kemudian juga
menjadi produk hiburan penting Korea. Produk ini menduduki peringkat pertama
yang diekspor dari industri penyiaran. Drama yang populer adalah yang bersifat
drama romantis dan drama sejarah. Drama-drama ini memperoleh sambutan bagus
secara internasional. Kebanyakan produksi ini mencapai 60-70 episode. Setiap
episode berdurasi 50 menit. Harga produksi drama meningkat tahun demi tahun.
Pada 2000, stasiun televisi Taiwan, Gala TV, membayar US$ 1.000 untuk tiap
episode drama Korea. Saat itu produksi yang sama dari Jepang berharga US$
15.000 dan US$ 20.000. Dewasa ini harga tiap episode drama Korea mencapai US$
6.000 dan US$ 12.000.
Produksi drama juga memperoleh
sensor ketat pada 1980-an. Oleh sebab itu, drama televisi dijauhkan dari
substansi politik. Para pembuatnya kemudian lebih senang membuat drama sejarah,
karena tidak menilai situasi sekarang dan lebih “selamat.” Judul yang paling
populer di masa itu adalah Founding the Country dan 500 Year of
Joseon Kingdom.
Perubahan terjadi pada 1990-an.
Sejak itu televisi yang ada (KBS dan MBC) memperoleh saingan baru dengan
hadirnya stasiun televisi SBS.
KBS dan MBC lalu menginvestasikan banyak uang
untuk meningkatkan kualitas produksi drama. Eyes of Down merupakan
drama yang paling meraih sukses. Stasiun MBC membenamkan uang sebesar US$
20.000 untuk memproduksinya. Ini merupakan investasi besar pertama kali untuk
membuat produk lokal seperti drama. Serial ini meraih sukses di Korea. Pada
tahun 1994, dirilis drama Jealousy yang ditujukan untuk remaja. Lagu
tema drama ini mencapai puncak tangga lagu dan mendorong untuk menjual album
secara khusus. Pada 1996 dimulai era televisi kabel. Karena konsumen
harus membayar, maka jaringan televisi kabel ini kemudian berkerja keras
menghasilkan tayangan yang bagus. Kompetisi produksi drama meningkat.
Pada 1996, SBS meluncurkan drama politik pertama yang berjudul Sandglassyang
menggambarkan kisah 3 orang rakyat dalam masa otoritarian. Produksi ini
memperoleh rating sebesar 64,5%.
Drama merupakan tayangan televisi
yang paling banyak memperoleh jumlah penonton jika ditinjau dari rating yang
diperoleh. Misalnya drama First Love (1997, KBS) meraih 65,8%.
Apalagi tayangan itu kemudian dapat disaksikan melalui internet. Tetapi hanya
MBC, KBS, dan SBS yang berhasil membuat drama ayng menarik. MBS merupakan yang
paling banyak meraih untung. Dari 50 judul (1997-2004), sebanyak 25 judul
diproduksi oleh MBS.
Peran televisi juga memfasilitasi
produksi musik. Pada tahun 1980-an tidak ada perusahaan musik independen.
Televisi yang kemudian menentukan apa yang akan ditonton oleh masyarakat.
Masing-masing stasiun televisi mempunyai penyanyi dan band sendiri-sendiri.
Para penyanyi harus didukung oleh band-band tersebut dan dilarang tampil dengan
iringan yang dibawanya sendiri. Sebelum 1990-an, televisi memperngaruhi
industri musik untuk produksi, peredaran, dan penjualan. Seperti sudah
diuraikan di atas, televisi dikendalikan oleh pemerintah.
Sejak awal 1990-an, industri
musik bergerak menjadi independen. Sesudah 1990 juga televisi swasta diizinkan
melakukan siaran. Kehadiran televisi baru ini memanfaatkan musik sebagai
program utama. Klip, rekaman konser, liputan pertunjukkan, dan wawancara dengan
penyanyi pop terus menerus tampil di televisi. Industri musik menyambut peluang
ini dan menggunakan televisi sebagai media untuk memasarkan arti pendatang
baru. Penyanyi dari perusahaan besar seperti SM Entertaintment, YG
Entertainment, dan JYP Entertainment tampil di televisi secara live. Televisi kemudian
berpengaruh bukan saja karena lirik musik, akan tetapi juga elemen visual. Oleh
sebab itu, gaya dan gerak group musik kemudian menjadi penting. Untuk pasar
domestik, musik pop memang menjadi raja, menguasai secara meningkat: 71%
(1998), 74% (1999), 75% (2000), dan 76% (2001). Musik asing—dalam hal ini
Jepang dan Amerika—hanya menguasai 20% saja. Semua itu tak lepas dari kebijakan
pemerintah. Undang-Undang Penyiaran 2003 mewajibkan 60% tayangan televisi harus
dialokasikan untuk menayangkan musik-musik populer. Musik asing menjadi sangat
sulit untuk bersaing tampil di televisi Korea.
Mungkin kah Industri Hiburan di Indonesia mengalami pertumbuhan pesat seperti diatas ?
0 komentar:
Posting Komentar