Kamis, 19 Januari 2017

Teknologi Untuk Melihat Pemandangan Jalan Secara 360°








     Google Street View yang dilakukan di Indonesia mulai digarap pada November 2012. Google menggunakan perlengkapan seperti kamera yang mampu menangkap gambar 360 derajat yang diletakan di atas mobil.Namun, kamera tersebut tidak hanya dipasang pada mobil saja, tetapi disesuaikan dengan medan jalan yang hendak ditempuh. Kamera tersebut dapat dipasang di atas troli, sepeda, diatas perahu, bahkan dipegang sendiri oleh manusia. Awalnya Google bekerjasama dengan Immersive Media untuk menggarap proyek Street View. Namun pada 2007, Google mengakhiri kerjasama tersebut dan membuat kamera sendiri.

   Dalam proyek Street View, Google mendokumentasikan jalanan dengan menggunakan mobil (Google Street View Car). Namun, untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau, Google terpaksa harus menggunakan moda transportasi lain, salah satunya adalah unta.


      Hewan gurun pasir ini dipakai oleh Google untuk memetakan Gurun Liwa di Uni Emirat Arab. Dalam blog resmi Google, Gurun Liwa disebut sebagai salah satu lanskap yang mengagumkan di dunia dan layak untuk didokumentasikan.

        Goolge menggandeng tim The Catlin Seaview Survey yang menggunakan kamera 360 derajat panorama SVII untuk memotretnya. Tim tersebut telah mendokumentasikan banyak situs bawah laut di seluruh dunia. Kementrian Pariwisata dan Industri Kreatif pun ikut mensukseskan proyek ini.



Kerja Kamera


     Sistem kamera yang berbentuk bola ini, diperkenalkan pertama kali oleh Immersive Media pada 2004. Teknik pengambilan gambarnya menggunakan sistem kamera 11 lensa yang disebut Dodeca 2360, seperti dikutip dari Cnet, Kamis (21/8/2014).
     Sebelas lensa ini merekam gambar dari 11 sudut berbeda berdasarkan geometri dodecahedron. Hasil akhir yang ditampilkan dalam laman Goolge Street View, memang gambar tak bergerak alias diam. Tetapi gambar yang direkam dengan kamera ini adalah adalah video full-frame yang mampu menangkap gambar 30 frame per detik dengan resolusi yang sangat tinggi.




Mengakses Fitur Street View

   Untuk mengakses fitur Street View dari PC desktop atau laptop, buka alamat http://maps.google.com melalui Firefox, Chrome, atau browser lain. Ketik nama kota atau lokasi yang ingin dikunjungi. Pada sudut kanan bawah terdapat pilihan menu "Street View" dengan simbol figur manusia berwarna kuning. "Drag" boneka kuning tersebut dan lepas ke area yang ingin Anda jelajahi.Cara lain, klik jalan yang dimaksud dan nama jalan akan dimunculkan di pojok kiri atas halaman Google Maps beserta menu Street View di samping kanannya. Untuk melihat area di sekitar jalan tersebut, klik foto yang bertulis "Street View".




Menu Google Street View di browser PC Desktop

      Selain melalui browser di PC atau laptop, fitur Street View juga bisa diakses melalui perangkat mobile dengan sistem operasi Android atau iOS. Untuk mengaksesnya, pengguna Android/iOS cukup membuka aplikasi Google Maps di perangkat Android, lalu memilih suatu jalan di peta tersebut.Tekan dan tahan agak lama di area yang ingin dilihat hingga sebuah pin merah ikon Google Maps muncul (Dropped Pin).Nama jalan yang dimaksud akan ditampilkan di bagian bawah layar. Klik nama jalan tersebut, bila areanya terekam Street View akan muncul foto dengan tulisan "Street View". Klik foto tersebut dan Anda bisa mulai menjelajah jalanan dan melihat-lihat area di sekitarnya.



Referensi :






0 komentar:

Posting Komentar