Rabu, 22 November 2017

Kelebihan dan Kekurangan Pada Artificial Intelligence




Dengan seiringnya perkembangan teknologi, AI (Artificial Intelligence) semakin berkembang lebih pesat, banyak perusahaan perusahaan teknologi sedang mengembangkan AI tersebut, bahkan perusahaan Google yang dianggap sebagai raksasa perusahaan teknologi sedang berkopetensi dengan perusahaan lain untuk mengembangkan Artificial Intelligence tersebut.
AI (artificial intelligence) atau yang lebih dikenal dengan kecerdasan buatan mungkin sudah tidak asing lagi, AI sendiri merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang dibuat agar mesin dapat melakukan pekerjaan atau memecahkan permasalahan seperti layaknya manusia.
Istilah kecerdasan buatan sendiri berasal dari bahasa Inggris dari kata “artificial intelegence“. Artificial yang berarti buatan, sedangkan Intelligence sebuah kata sifat yang berarti cerdas. Jadi artificial intelligence merupakan suatu buatan yang cerdas (ketajaman atau kepandaian dalam berpikir).
Pengembangan Artificial Intelligence ini digadang gadang akan menggantikan posisi manusia, bahkan bisa dikatakan lebih pintar dari manusia. Akan tetapi, tetap saja artificial intelligence ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Artificial Intelligece

Kelebihan Artificial Intelligence

  • Bersifat permanen, tidak berubah (tergantung pada sistem komputer dan program).
  • Dapat menyimpan berbagai informasi atau data tanpa adanya batasan (dapat disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Cepat dan akurat dalam mengerjakan suatu pekerjaan (dalam sistem kerjanya)
  • Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks
  • Bisa  menduplikasi dan mentransper suatu kemampuan dengan mudah dari satu komputer ke komputer lain
  • Penggunaan tanpa adanya batas waktu, ini karena AI tidak mengenal rasa lelah dan bosan

Kekurangan Artificial Intelligence

  • Kecerdasan yang ada pada Artificial Intelligence tergantung pada apa yang diinput oleh programer (terbatas pada suatu program)
  • Tidak memiliki Common Sense. Common Sense adalah kemampuan yang tidak hanya sekedar memproses sebuah informasi, melainkan mengerti akan informasi tersebut
  • Tidak memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan, pengembangan pengetahuan pada Artificial Intelligence tergantung pada sistem yang dibangun.
  

       Sebagian besar ilmuan AI percaya bahwa pada tahun 2040 , robot akan lebih pintar dibanding manusia.Jika menurut kalian 14 tahun belum cukup cepat untuk membuktikan bahwa teknologi sedang berkembang pesat. Menurut Ilmuan seperti Stephen Hawking dan Elon Musk percaya , bahwa jika AI terus dikembangkan dengan tujuan agar memiliki kecerdasan yang setara bahkan lebih dari yang dimiliki manusia , maka hal ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup manusai di muka bumi .

    Stephen Hawking dan Elon Musk takut jika terjadi kesalahan pada sistem AI , hal ini bisa berbahaya dan bersifat merusak . Mereka berpendapat bahwa pengembangan sistem kecerdasan buatan harus diberi batasan-batasan tertentu , agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan . Sedikit opini saya tentang dampak negatifnya AI didalam dunia bisnis   :
  • Dengan mudah melakukan transaksi di Internet akan memfasilitasi juga menyebabkan transaksi yang dilarang sebagai selundupan transaksi atau transaksi narkoba.
  • Hal ini sering terjadi adalah pembobolan sebuah lembaga atau rekening perorangan yang mengakibatkan kerugian finansial yang besar.
  • Mungkin hal-hal seperti yang ditakutkan oleh banyak orang.

 Contoh penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari : 

Apa itu Siri ?

       Siri adalah asisten pribadi virtual yang berada di dalam ponsel atau perangkat apple. Dia dapat dimanfaatkan untuk melakukan beberapa tugas yang akan membantu setiap pengguna menyelesaikan keperluannya. Siri dapat berkomunikasi dengan pengguna layaknya manusia biasa. Tidak ada aturan khusus dalam memerintahnya. Katakan saja apa yang kamu mau dan siri akan mengerti. Dalam perkembangannya siri sangat cerdas.
     Siri lahir sudah cerdas, jadi tidak ada yang perlu di ajarkan kepadanya. Namun dia perlu mengetahui siapa tuannya. Kamu pemilik device apple harus memperkenalkan siapa kamu ke siri agar siri mengetahui bagaimana dia harus menyesuaikan berbagai hal tentang diri kamu. Seperti kamu perlu mengenalkan siapa nama, alamat, profesi kamu. Ada juga kamu bisa mengenalkan siapa orang tua , saudara, pacar, suami, istri dan segalanya tentang hubungan yang ada pada diri kamu. Meski yang satu ini opsional namun hal itu sangat membantu jika suatu saat kamu memerlukan hal yang darurat dan perlu akses cepat.

      Meski terlihat pintar namun siri tidak bisa bekerja tanpa sambungan internet. Jadi siri memerlukan sambungan internet untuk berhubungan dengan server siri. Selain itu dengan sambungan internet juga digunakan siri untuk mencari informasi yang kamu tanyakan. Misalnya kamu menanyakan tentang jadwal pertandingan sepak bola malam ini makan siri akan mencari di server yahoo tentang jadwal pertandingan sepak bola malam ini.


Pandangan kedepan untuk kecerdasan buatan indonesia   :

      Pengembangan Artificial Intelligence ini digadang gadang akan menggantikan posisi manusia, bahkan bisa dikatakan lebih pintar dari manusia. Akan tetapi, tetap saja artificial intelligence ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang dijelaskan diatas. Saya berharap Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang bisa ikut ambil alih dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan ini secara bijak. Peran dari berbagai pihak khususnya Pemerintah sangat dibutuhkan untuk kemajuan teknologi sistem cerdas di Indonesia ini. 


      Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai dampak dari artificial intellegence diatas ,simak video dibawah ini :

















Referensi    :





0 komentar:

Posting Komentar